berita suharto

20/01/2008 17:53 Kasus Soeharto
Status Hukum Jelas, Proses Hukum Lancar

Liputan6.com, Jakarta: Status hukum seputar kasus perdata mantan Presiden Soeharto masih kontroversial. Kendati polemik terus bergulir, ahli hukum tata negara yang juga Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshidiqie meyakini kasus tersebut dapat dituntaskan. Demikian dikemukakan Jimly di Jakarta, belum lama ini [baca: Sidang Perdata Pak Harto Terus Berlanjut].

Jimly menjelaskan, hal terpenting dalam penyelesaian kasus hukum tersebut adalah komitmen dan ketegasan status hukum terhadap orang nomor satu dalam Orde Baru itu. Menurut Jimly, ketegasan status hukum bisa menjadi awal komitmen bersama antara pemerintah dan perangkat hukum yang berwenang. Ini termasuk menuntaskan kasus-kasus lain yang tertunda. Dalam sudut pandang Jimly, kalau proses hukum buntu, hukum juga menyediakan mekanisme untuk mengambil keputusan asalkan ada keberanian. “Jadi bisa saja proses hukum dilakukan dengan cara yang tidak normal,” ujar Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Indonesia itu.

Terkait dengan kondisi Pak Harto, mantan menteri di era pemerintahan BJ Habibie, Tuti Alawiyah, meminta masyarakat dan negara memaafkan segala kesalahan mantan presiden yang berkuasa selama 32 tahun itu. “Sebaiknya beliau itu dimaafkan,” ucap mantan Menteri Urusan Peranan Wanita tersebut.

Beberapa hari silam, pendapat serupa disuarakan Amien Rais. Mantan Ketua MPR itu mendesak pemerintah segera melakukan langkah hukum yang istimewa dengan memberi pernyataan resmi keputusan pengampunan kepada Soeharto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: